Ensiklopedi Larangan : Larangan Mempersekutukan Allloh Tabaroka Wa Ta’ala (Syirik) الكتاب الكبائر الشرك بالله   Leave a comment

الشرك بالله

Mempersekutukan Allloh Tabaroka Wa Ta’ala (Syirik)

فأكبر الكبائر الشرك بالله تعالى وهو نوعان: أحدهما أن يجعل لله نداً ويعبد غيره من حجر أو شجر أو شمس أو قمر أو نبي أو شيخ أو نجم أو ملك أو غير ذلك وهذا هو الشرك الأكبر الذي ذكره الله عز وجل

Maka Dosa yang paling besar diantara dosa-dosa besar adalah syirik kepada Alloh ta’ala , yaitu ada dua macam syirik :

1.Yang Pertama Yaitu Menjadikan tandingan bagi Alloh Ta’ala dan beribadah kepada selainya baik beribadah kepada batu,Pohon atau Matahari atau Bulan atau Nabi atau Syeikh(Orang Alim)atau Bintang atau Malaikat atau selain dari itu dan ini syirik besar yang difirmankan Oleh Alloh Aza Wajalla :

“قال الله تعالى: ” إن الله لا يغفر أن يشرك به ويغفر ما دون ذلك لمن يشاء “

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.Anisa 48/116

وقال تعالى: ” إن الشرك لظلم عظيم “

Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelaliman yang besar”.Lugman 14

وقال تعالى: ” إنه من يشرك بالله فقد حرم الله عليه الجنة ومأواه النار “

Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang lalim itu seorang penolong pun.

. والآيات في ذلك كثيرة. فمن أشرك بالله ثم مات مشركاً فهو من أصحاب النار قطعاً كما أن من آمن بالله ومات مؤمناً فهو من أصحاب الجنة وإن عذب بالنار.

Dan ayat yang menyebutkan tentang syirik ini masih banyak, Maka barangsiapa mempersekutukan Alloh kemudian mati dalam keadaan ini (Musyrik) Maka dia pasti termasuk penghumi neraka, Sebagaimana orang -orang yang beriman kepada Alloh dan mati dalam keadaan mukmin maka dia termasuk penghuni syurga meskipun ( ada yang) diazab dahulu dineraka.

وفي الصحيح أن رسول الله صلى الله عليه

وسلم قال: ” ألا أنبئكم بأكبر الكبائر ثلاثاً قالوا: بلى يا رسول الله قال: الإشراك بالله وعقوق الوالدين وكان متكئاً فجلس فقال: ألا وقول الزور ألا وشهادة الزور “

. فما زال يكررها حتى قلنا ليته سكت.

Didalah Hadits shohih Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ketahuilah! maukah aku beritahukan kepada kalian sesuatu yang termasuk dari 3 dosa dosa besar ? Kami menjawab; “Tentu wahai Rasulullah.” Beliau bersabda: “Menyekutukan Allah dan mendurhakai kedua orang tua.” -ketika itu beliau tengah bersandar, kemudian duduk lalu melanjutkan sabdanya: “Perkataan dusta dan kesaksian palsu, perkataan dusta dan kesaksian palsu.” Beliau terus saja mengulanginya hingga saya mengira beliau tidak akan berhenti.”Rowahu Bukhariy

قال صلى الله عليه وسلم: ” اجتنبوا السبع الموبقات ” . فذكر منها الشرك بالله

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jauhilah yang membinasakan”.

Disebutkan diantaranya: “Syirik kepada Allah”. Rowahu Bukhariy

وقال صلى الله عليه وسلم: ” من بدل دينه فاقتلوه ” . الحديث.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa yang mengganti agamanya maka bunuhlah dia”Rowahu imam ahmad

والنوع الثاني من الشرك الرياء بالأعمال

2.Jenis  yang kedua dari syirik adalah riya’ ketika dalam beramal

كما قال الله تعالى: ” فمن كان يرجوا لقاء ربه فليعمل عملاً صالحاً ولا يشرك بعبادة ربه أحداً ” .

أي لا يرائي بعمله أحداً

“Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Robnya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Rabnnya”Alkahfi 110, Maknnya yaitu tidak mencampurkan riya’ dengan amalnya satupun.

وقال صلى الله عليه وسلم: ” إياكم والشرك الأصغر قالوا يا رسول الله وما الشرك الأصغر؟ قال: الرياء يقول الله تعالى يوم يجازي العباد بأعمالهم اذهبوا إلى الذين كنتم تراءونهم بأعمالكم في الدنيا فانظروا هل تجدون عندهم جزاء “

Jauhillah syirik kecil, Para sahabat bertanya : Apa itu syirik kecil?Rosul bersabda: Riya’ berfirman Alloh ta’aala pada hari pembalasan kepada hamba dari amal amal mereka “Pergilah kepada mereka yang engkau berharap dengan amalmu ingin dilihat waktu didunia, maka perhatikanlah apakah ada pahala yang disediakan?

. وقال صلى الله عليه وسلم: ” يقول الله من عمل عملاً أشرك معي فيه غيري فهو للذي أشرك وأنا منه برئ “

Barangsiapa mengerjakan suatu perbuatan dengan menyertakan selain diri-Ku, maka Aku terbebas dari dirinya, dan (karena) ia adalah milik yang disertakannya (disekutukan)’Rowahu Muslim

. وقال ” من سمع سمع الله به ومن رايا رايا الله به “

“Barangsiapa yang beramal karena sum’ah, Allah akan menjadikannya dikenal sum’ah, sebaliknya barangsiapa yang beramal karena riya’, Allah akan menjadikannya dikenal riya, Rowahu Bukhariy

. وعن أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله تعالى عليه وآله وسلم قال: ” رب صائم ليس له من صومه إلا الجوع والعطش ورب قائم ليس له من قيامه إلا السهر “

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Bahwasanya Rasulullah bersabda, “Berapa banyak orang yang berpuasa tetapi ia tidak memdapatkan apa-apa dari puasanya kecuali rasa, dan berapa banyak orang yang shalat (tarawih/malam) yang tidak mendapatkan apa-apa dari shalatnya melainkan hanya begadang

. يعني أنه إذا لم يكن الصلاة والصوم لوجه الله تعالى فلا ثواب له كما روى عنه صلى الله عليه وسلم أنه قال: ” مثل الذي يعمل للرياء والسمعة كمثل الذي يملأ كيسه حصى ثم يدخل السوق ليشتري به فإذا فتحه قدام البائع فإذا هو حصى وضرب به وجهه ولا منفعة له في كيسه سوى مقالة الناس له ما أملا كيسه ولا يعطي به شيئاً. فكذلك الذي يعمل للرياء والسمعة فليس له من عمله سوى مقالة الناس ولا ثواب له في الآخرة “

(Pent,Tidak Diterjemahkan Dhoif)

. قال الله تعالى: ” وقدمنا إلى ما عملوا من عمل فجعلناه هباء منثوراً “

Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan, Alfurqon ayat 23

. يعني الأعمال التي عملوها لغير وجه الله تعالى أبطلنا ثوابها وجعلناها كالهباء المنثور وهو الغبار الذي يرى في شعاع الشمس.

Yakni amal-amal yang dikerjakanya untuk selain mengharapkan wajah Alloh Ta’ala, Alloh membatalkan balasnya serta menjadikanya bagaikan partikel debu yang berterbangan yaitu debu yang dapat dilihat pada pancaran sinar matahari

وروى عدي ابن حاتم الطائي رضي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ” يؤمر بفئام أي جماعات من الناس يوم القيامة إلى الجنة حتى إذا دنوا منها واستنشقوا رائحتها ونظروا إلى قصورها وإلى ما أعد الله لأهلها فيها نودوا أن اصرفوهم عنها فإنهم لا نصيب لهم فيها فيرجعون بحسرة وندامة ما رجع الأولون والآخرون بمثلها فيقولون: ربنا لو أدخلتنا النار قبل أن ترينا ما أريتنا من ثواب ما أعددت لأوليائك كان أهون علينا. فيقول الله تعالى: ذلك ما أردت بكم كنتم إذا خلوتم بارزتموني بالعظائم وإذا لقيتم الناس لقيتموهم مخبتين تراءون الناس بأعمالكم خلاف ما تعطوني من قلوبكم. هبتم الناس ولم تهابوني وأجللتم الناس ولم تجلوني وتركتم للناس ولم تتركوا لي يعني لأجل الناس فاليوم أذيقكم أليم عقابي مع ما حرمتكم من جزيل ثوابي

(Pent, Tidak diterjemahkan,Dhoif )

وسأل رجل رسول الله ما النجاة؟ فقال صلى الله عليه وسلم: ” أن لا تخادع الله ” . قال: وكيف يخادع الله؟ قال: أن تعمل عملاً أمرك الله ورسوله به وتريد به غير وجه الله. واتق الرياء فإنه الشرك الأصغر وإن المرائي ينادى عليه يوم القيامة على رؤوس الخلائق بأربعة أسماء: يا مرائي يا غادر يا فاجر يا خاسر ضل عملك وبطل أجرك فلا أجر لك عندنا اذهب فخذ أجرك ممن كنت تعمل له يا مخادع “

(Pent, Tidak diterjemahkan,Dhoif )

. وسئل بعض الحكماء رحمهم الله من المخلص؟ فقال: المخلص الذي يكتم حسناته كما يكتم سيئاته

Telah Ditanya Para Ahlu Hikmah tentnag orang yang ikhlas (Muhklis)?Mereka Menjawab: Al muklis yaitu yang menyembunyikan kebaikan-kebaikannya sebagaimana sebagaimana menyembunyikan keburukan-keburukanya”

وقيل لبعضهم: ما غاية الإخلاص قال: أن لا تحب محمدة الناس.

Dan ada yang ditanya apa puncak ikhlas? Mereka menjawab “Hendaklah kamu tidak menyukai sanjungan atau pujian manusia”

وقال الفضيل بن عياض رضي الله عنه ترك العمل لأجل الناس رياء والعمل لأجل الناس شرك والاخلاص أن يعافيك الله منهما. اللهم عافنا منهما وأعف عنا

Berkata Fudhail Bin Iyadh Semoga Alloh meridhoinya :

“Meninggalkan amal karena  manusia adalah riya dan mengerjakan amal karena manusia adalah Syrik “Dan Ikhlas  adalah apabila Alloh menyelamatkan(menyehatkan) kamu dari keduanya.

Ya Alloh selamatkan kami dari keduanya dan maafkanlah kami.

Dicopy dari http://abuamincepu.wordpress.com/category/ringkasan-larangan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: